Senin, 23 Juni 2014

AKG


Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan (AKG)
AKG :
Angka Kecukupan Gizi (AKG) digunakan untuk menentukan jumlah setiap jenis nutrisi yang dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan harian setiap orang sehat.
Departemen dan lembaga kesehatan dari berbagai di dunia telah menentukan AKG untuk berbagai kelompok umur dan jenis kelamin. Angka-angka tersebut akan digunakan oleh para ahli gizi untuk mengevaluasi kondisi kecukupan gizi pada individu atau sekelompok orang.
Meskipun AKG mungkin memadai untuk orang dengan kesehatan rata-rata, kini banyak Negara melihat bahwa tetap diperlukan panduan bagi orang yang membutuhkan lebih banyak variasi nutrisi. Sebagai konsekuensinya, banyak Negara menerbitkan kisaran angka rekomendasi nilai nutrisi. Misalnya, Food and Nutrition Board dari National Academy of Sciences di AS menerbitkan Asupan Referensi Pola Makan, sedangkan Departemen Kesehatan Inggris mengeluarkan Angka Referensi Pola Makan.
Istilah yang dipakai bagi angka kecukupan gizi berbeda-beda antar negara. Indonesia menggunakan istilah Angka Kecukupan Gizi (AKG) sebagai terjemahan dari RDA (recommended dietary allowance).
Meskipun angka-angka AKG di tiap Negara dapat bervariasi, pada dasarnya semua sama.
Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan bagi Bangsa Indonesia disebut AKG adalah suatu kecukupan rata-rata zat gizi setiap hari bagi semua orang menurut golongan umur, jenis kelamin, ukuran tubuh, aktifitas tubuh, kondisi fisiologis seperti hamil dan menyusui untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal.
Download AKG 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.