Senin, 22 Desember 2014

Star Fruit



Belimbing Manis/Star Fruit

Buahnya dinamakan buah bintang karena bila buah ini dipotong melintang, bentuknya seperti bintang.

Bernama latin Averrhoa carambola L, termasuk family Oxalidaceae. Umumnya di budidayakan penduduk Asia Tenggara.
Perbanyakan dengan biji, cangkokan dan okulasi. Pilihan untuk tanaman pot sebaiknya dari hasil cangkokan dan okulasi. Sekitar 1 atau 2 tahun sudah bisa diharapkan berbuah. Berbunga sepanjang tahun dan buahnya bisa dipetik pada akhir musim kemarau dan permulaan musim hujan. Yang paling lebat pada saat awal musim hujan.
Sewaktu muda buahnya berwarna hijau muda dan berubah kuning sampai kemerahan setelah tua. Buah belimbing  yang diunggulkan bentuknya besar, warnanya menarik, seratnya halus, berair banyak dan rasanya manis segar.
Di Indonesia dikenal pula belimbing wuluh atau belimbing sayur. Belimbing wuluh berbentuk bulat lonjong, berwarna hijau muda dan setelah tua berubah warna menjadi kuning.


Manfaat belimbing untuk terapi antara lain:

1.       Menurunkan tekanan darah,
2.        Anti kanker,
3.       Memperlancar pencernaan dan
4.       Menurunkan kolesterol
Buah ini mengandung asam oxalate yang tinggi sehingga tidak bisa pada penderita ginjal dan penderita batu saluran kemih jenis batu oxalate. Hindari pula diberikan pada penderita  diabetes mellitus karena kandungan gula yang cukup tinggi.

Khasiat belimbing manis:


Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Ambil 2 buah belimbing manis yang masih hijau (muda). Cuci bersih, lalu parut dan peras airnya. Diminum sekaligus setiap hari.

Menghilangkan Demam dan Menurunkan Kolesterol
Ambil 2 belimbing manis yang sudah matang, lalu cuci bersih. Makan setiap pagi dan sore sampai sembuh.

Mual
Ambil satu buah belimbing manis yang sudah diasinkan. Untuk membuat asinan belimbing, iris buah belimbing manis yang masih mentah. Keringkan di bawah sinar matahari sampai setengah kering. Beri garam dan biarkan beberapa saat. kemudian kukus, setelah itu diberikan pada penderita.


   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.