Sabtu, 13 Februari 2016

nenas





Nenas

Bermata tapi tidak dapat melihat
Berpedang tapi bukan prajurit Romawi
Bersisik tapi bukan ikan
Bermakota tapi bukan raja
Apakah itu?
Kita sering mendengar teka-teki ini. Jawabannya adalah Nenas.


Buah berdaging kuning, berasa manis, manis agak keasaman, dan ada juga asam. banyak mengandung  air dan beraroma harum. Di Indonesia, Nenas bisa dijumpai di hampir seluruh pelosok.

Klasifikasi ilmiah



Kingdom                     : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom                : Tracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh)
Divisi                           : Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)
Sub Divisi                   : Angiospermae ( Tumbuhan biji tertutup)
Kelas                           : Monocotyledonae (Tumbuhan monokotil)
Ordo                            : Bromeliales (Farinoisae)
Famili                          : Bromeliaceae (suku nanas-nanasan)
Genus                          : Ananas Mill
Spesies                        : Ananas comosus (L.) Merr
Sinonim                                : Ananas sativus



Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay  Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah (tinggi tanaman berkisar 50-150 cm), herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang tebal dan liat, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang .  Dengan pangkal daun melebar dan ujung lancip, daun nanas menyerupai sebuah pedang.
 
Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti buah pohon pinus tapi berasa segar layaknya apel.
Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik", karena sejuta manfaat terkandung dibuah yang berasa asam manis ini..
Dikalangan masyarakat Indonesia, nenas dikenal dengan berbagai sebutan. Diantaranya nanas (Jawa), anes (Aceh), honas (Batak), naneh (Minangkabau), nyanyas (Lampung), lanas (Madura), nanati (Gorontalo), pandang (Makassar), ganas (Sunda) dan kanasol (Seram Barat).

Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.
Buah nanas sebagaimana yang dijual orang bukanlah buah sejati, melainkan gabungan buah-buah sejati (bekasnya terlihat dari setiap 'sisik' pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya tergabung—bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk—menjadi satu 'buah' besar. Nanas yang dibudidayakan orang sudah kehilangan kemampuan memperbanyak secara seksual, namun ia mengembangkan tanaman muda (bagian 'mahkota' buah) yang merupakan sarana perbanyakan secara vegetatif. Buah nanas berbentuk bulat panjang dan berdaging, kulit buahnya bersusun sisik, berbiji mata banyak. Buah yang masih muda berwarna hijau dan ketika masak berubah menjadi kuning.

Di Indonesia, provinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.
Khasiat nenas


Nenas yang mengandung sejumlah vitamin – A, B,  C , asam folat, asam malik dan mineral seperti, magnesium, kalium, fosfor, kalsium serta enzim seperti bromelin baik bagi kesehatan.

Kuliner
Buah ini bisa dimakan begitu saja, bisa campuran pada rujak, asinan, salad atau campuran makanan seperti ayam/udang kuluyuk dan kamar bola.
Menurunkan berat badan
Nenas mengandung bromelin, salah satu enzim protease yang mampu mengurangi peradangan dan memecahkan protein.
Dari penelitian di Belanda mereka yang mengonsumsi bromelin selama 30 hari, BB-nya turun hingga 4,27 kg. Hampir sama diperoleh juga dari penelitian di AS menunjukkan enzim bromelin bersama inulin dapat membakar timbunan lemak sehingga bobot orang yang mengasupnya bisa turun 300-500 g/hari. Konon, buah ini juga mampu menghambat nafsu makan. Jadi cocok buat mereka yang ingin sehat dan langsing. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari bromelin, nenas hendaknya dimakan mentah sebanyak 80 g setiap kali.
Sediakan 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, kupas lalu cuci sampai bersih. Potong seperlunya, lalu jus atau parut, kemudian peras airnya. Agar air sari nenas diperoleh secara maksimal, peras dengan menggunakan potongan kain bersih. Minum air nenas sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.
Mencegah stress
Kandungan serotonin berperan mencegah kanker dan dapat menghalau stres.
Wasir dan sembelit
Dianjurkan mengonsumsi buah nenas 4-5 kali setiap hari karena bromelinnya dapat menghentikan perdarahan dan serat yang dikandung dapat memperlancar buang air besar.
Obat Gout
Bromelin dapat melarutkan protein yang nongkrong di jaringan sendi. Berkat senyawa ini radang sendi (gout) bisa teratasi. Melihat kemampuannya ada perusahaan farmasi yang memberanikan diri memproduksi obat gout berbahan ekstrak bromelin.
Mencegah kanker
Mengandung senyawa fenolik antara lain myricetin, quercitin, tyramine, dan ferulic acid- buah nenas masmpu meredam reaksi berantai radikal bebas dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat menekan terjadinya penyakit kanker. Berbagai antioksidan alami ini diyakini amat ampuh menghentikan radikal bebas sehingga tidak berkeliaran mencari asam lemak tidak jenuh dalam sel.
Khasiat lain melegakan tenggorok, menormalkan jumlah cairan empedu, menghancurkan cacing-cacing di dalam usus dan berguna bagi kesehatan jantung.



Efek Samping Nanas

Berkadar gula tinggiNanas masak memang manis dan segar. Buah nanas yang masak kadar gulanya bisa sampai 10%. Nah, mereka yang menderita diabetes jangan banyak-banyak deh makan buah ini.
Menggugurkan kandungan
Nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan (yang dipercaya adalah kandungan bromelainnya) . Wanita hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi nenas muda. Jika ibu hamil berniat menyantap nenas dengan kandungan bromelain yang paling minim, buang bagian inti nenas yang keras karena disitulah bromelain yang paling banyak berkumpul.
Menimbulkan rasa gatal
Terkadang sehabis makan nenas segar, mulut dan lidah tersa gatal. Untuk menghindarinya sebelum dimakan, buang matanya jauh-jauh dan rendamlah potongan nenas dengan air garam.
.


 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.