Senin, 06 Februari 2017

Mawar







Mawar Si Ratu Bunga 

Menjelang Valentine atau hari kasih sayang kios-kios bunga hias selalu dipenuhi warna-warni mawar. Mawar memang identik dengan bunga cinta. Walau ada beberapa jenis bunga yang diasosiasikan dengan cinta, namun mawar tetap menjadi pilihan utama untuk mengungkapkan kasih sayang.
Dalam kebudayaan Barat, mawar adalah bunga lambang cinta dan kecantikan. Bunga mawar dianggap suci untuk beberapa dewa dalam mitologi Yunani seperti Isis dan Aprodite. Dewi Cinta.
Bunga mawar adalah bunga nasional Inggris dan digunakan sebagai lambang tim nasional Rugby Inggris dan Rugby Football Union di Inggris.
Di Kanada, bunga mawar liar merupakan bunga provinsi Alberta. Di Amerika Serikat, bunga mawar merupakan bunga negara bagian Iowa, North Dakota, Georgia, dan New York. Kota Portland di negara bagian Oregon yang setiap tahunnya mengadakan festival bunga mawar sering disebut "Kota Bunga mawar."
Bunga mawar merupakan simbol anti-kekerasan di Georgia sewaktu terjadi Revolusi Mawar pada tahun 2003.
Selain itu, bunga mawar sering dijadikan objek lukisan oleh banyak pelukis. Pelukis Perancis bernama Pierre-Joseph Redouté terkenal dengan lukisan berbagai spesies bunga mawar yang digambar dengan sangat teliti.
Bagi kalangan tertentu, bunga mawar merupakan lambang cinta, ini tercermin dalam pergaulan. Misalnya, seseorang yang memberikan setangkai mawar merah kepada gadis pujaannya, berarti mengisyaratkan pernyataan cinta. Jawaban yang ditunggu tentu saja mawar merah, yang menyatakan bahwa si gadis membalas cintanya.
Begitu spesialnya makna mawar, tidak mengherankan bila kemudian ia jauh lebih popular ketimbang tanaman potong lainnya. 
Mengenal Bunga Mawar (Rosa sp)
Tanaman family Rosaceae ini pantas dijuluki “ratu bunga”. Rupanya yang cantik dengan warna beragam, membuat suasana taman jadi hidup dan semarak. Pesona mawar kian bertambah dengan tebaran aroma yang wangi semerbak.
Mawar termasuk jenis tanaman yang mudah ditemukan di hampir seluruh belahan dunia. Bunga mawar berasal dari beberapa Negara,  seperti Amerika, Cina, India, Eropa, dan Timur Tengah. Mawar dikelompokkan berdasarkan perawakan dan sifat pertumbuhannya. Secara umum, ada 4 kelompok besar. Pertama, mawar semak yang banyak ditanam sebagai pagar. Kedua, mawar kerdil berupa tanaman pot. Ketiga, mawar pohon dan terakhir mawar liana yang tumbuh merambat.
Menanam mawar adalah suatu seni tersendiri. Anda harus berdedikasi tinggi dan telaten karena mawar dikenal sebagai tanaman manja, tapi sebenarnya menanam mawar tidaklah sulit Menanam mawar sangat mudah karena bunga ini tidak memerlukan perawatan yang khusus Syaratnya, Anda harus secara rutin merawat dan memperhatikan segala kebutuhannya. Mawar bisa tumbuh di daerah beriklim panas, sedang hingga dingin. Mawar membutuhkan media tanam berhumus dan drainage yang baik.  Mawar kurang subur jika ditanam pada media yang terlalu gembur dan berpasir. Jangan lupa, pilih lokasi tanam yang cukup sinar matahari agar pohon rajin berbunga dan tumbuh subur, cahaya merupakan factor yang amat menentukan pertumbuhan bunga mawar. Sebagaimana halnya bunga berbunga, mawar menyenangi cahaya penuh dengan intensitas penyinaran selama enam jam sehari.  
Menanam mawar banyak caranya, Anda bisa memperbanyak tanaman lewat biji, setek, okulasi, cangkokan dan membelah anakan. Lebih praktisnya, lakukan dengan cara setek batang. Pilih batang yang tidak terlalu tua. Olesi zat perangsang akar dan tanam pada media yang telah disiapkan. Pupuk secara berkala dengan pupuk NPK, berikan ½ sendok the per tanaman. Berikan setiap 3 bulan sekali. Jangan lupa menyemprot dengan insektisida dan fungusida secara berkala agar tanaman terbebas dari serangan hama.
Ketika menanam, perhatikan jarak bagi setiap tanaman agar mereka dapat bernapas. Mawar membutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk mengurangi risiko terkena jamur atau bakteri.
Menanam mawar di dalam pot.
Salah satu cara mudah menanam mawar adalah dengan menempatkannya di dalam pot. Cara ini dianggap lebih praktis karena dapat mengontrol media tanaman, kadar air, termasuk nutrisi yang dibutuhkannya.
Agar Rajin Berbunga
Agar rajin berbunga, lakukan pemangkasan, jika tanaman sudah tua atau tumbuh tidak beraturan lagi. Cara ini merangsang munculnya tunas baru. Satu hal yang perlu diingat pemangkasan sebaiknya dilakukan pada musim hujan karena tunas akan segera tumbuh dan kuntum bunga baru akan bermunculan. Jika Anda menanam mawar di dalam pot, jangan lupa, lakukan pemotongan akar dan penggatian media setiap 1-2 tahun sekali agar tanaman tumbuh subur.
Warna Warni Mawar
Nama “rose” berasal dari bahasa Latin ‘rosa’ yang berarti merah. Kendati demikian, mawar pun, mawar pun hadir dalam berbagai warna yang indah, terlebih setelah varietas mawar hibrida asal Belanda  dibudidayakan. Majunya teknologi budi daya pertanian menghasilkan banyak varietas baru hasil silangan bunga mawar. Jika dulu bunga mawar hanya terdiri dari satu warna dalam tiap kuntumnya. Kini bunga mawar hadir terdiri dengan dua atau tiga warna sekaligus dalam satu kuntum. Tentu membuat bunga mawar semakin terlihat cantik dan semarak. .
Ternyata Warna dan jumlah mawar Anda berikan atau terima memiliki makna tertentu. Sebelum Anda mengungkapkan perasaan dengan mawar, simak maknanya:

Arti warna mawar untuk persahabatan atau untuk mengungkapkan kekaguman pada seseorang.
Mawar merah: cinta romantic
Makna lain: selamat atas keberhasilannya. Anda telah melakukan tugas dengan baik.
Mawar putih, kesucian dan rahasia.
Makna lain: kemurnian, selalu awet muda, aku pantas untukmu.
Mawar pink: keanggunan dan kelembutan. Makna lain: kebahagian sempurna, percayalah padaku.
Mawar kuning: persahabatan dan kegembiraan. Makna lain: aku peduli, selamat datang kembali. Ingatlah aku.
Mawar jingga: hasrat dan semangat. Cinta mulai tumbuh dan tangkap segera ramatismenya.
Perpaduan mawar merah dan putih: kesatuan.
Perpaduan mawar merah dan kuning: mengucapkan selamat.
Perpaduan mawar kuning dan jingga: penuh hasrat cinta.    
Katakan Cinta dengan Mawar
Ya, mawar adalah bunga yang tepat utnuk menyatakan cinta. Tetapi tentu saja, bukan sembarang mawar. Berikan mawar-mawar potong yang cantik beraneka warna ini.
Warna mawar sering dikaitkan dengan diterima atau ditolaknya tawaran cinta.
Mawar merah dari seorang pemuda kepada gadis pujaan hatinya, jelas merupakan pralambang pernyataan cinta.
Lantas, bagaimana respon si gadis? 
Tergantung warna mawar balasannya. Jika gadis itu membalas dengan mawar merah juga berarti ia menerima cinta dari sang pemuda, tapi jika balasannya mawar putih, artinya ia masih terlalu muda untuk bercinta. Jika kuning, berarti si gadis belum menentukan pilihan. Dan jika di balas dengan mawar tanpa bunga berarti tawaran cinta tersebut ditolak. 

Suasana dan Warna
Mawar potong  (rosa hibrida) sangat pas dijadikan pajangan atau diberikan ke orang tercinta. Keistimewaan mawar mawar potong ini bukan pada wanginya, tetapi pada warnanya yang beraneka ragam. Sedangkan mawar biasa (rosa sinensis) berbau harum.
Mawar merah dan pink menjadi favorit di hari Valentine. Beda saat musim pernikahan, warna peach jadi pilihan, sedangkan di bulan Agustus   warna merah dan putih.
1001 Makna Jumlah Mawar
Makna jumlah mawar
1 tangkai         Cintaku hanya untukmu seorang
2 tangkai         Kau dan aku saling mencintai
3 tangkai         Aku cinta kamu
6 tangkai         Jadikan aku milikmu
9 tangkai         Saling mencintai selamanya.
11 tangkai       Kaulah yang paling aku cintai sepanjang hidupku.
12 tangkai       Perpaduan dua hati yang serasi.
13 tangkai       Pengagum rahasia.
24 tangkai       Setiap saat ingat dirimu (tidak bisa melupakanmu 24 jam).
33 tangkai       Aku mencintaimu dari dasar hati yang terdalam.
36 tangkai       Kehadiranmu membuat aku terpikat asmara.
44 tangkai       Janji yang takkan tergoyahkan.
50 tangkai       Ini adalah cinta yang tidak kusesali
56 tangkai       Cintaku
66 tangkai       Jalinan cinta yang mulus
99 tangkai       Cinta dengan pengertian membuatnya abadi
100 tangkai     Jadilah pasangan yang mengasihi sampai lanjut usia.
101 tangkai     Tiada lain cintaku hanya dirimu seorang.
108 tangkai     Jadikan aku pasangan hidupmu.
111 tangkai     Cinta abadi
123 tangkai     Cinta yang bebas
144 tangkai     Mencintaimu, pagi hingga malam selama-lamanya.
365 tangkai     Memikirkanmu setiap hari, mencintaimu setiap hari
999 tangkai     Cinta yang bertahan selamnya.   
Agar Mawar Bertahan Lama
Panen yang tidak tepat membuat mawar jadi kurang bagus hasilnya ketika mekar. Harus dipanen ketika mawar masih dalam keadaan kuncup. Ketika sudah dipasarkan, barulah kuntum-kuntum mawar tersebut bisa dinikmati keindahan warnanya.  
Usia rangkaian mawar mekar bisa diperpanjang setidaknya hingga 3─4 hari.
Potong sedikit ujung tangkai dan ganti air (biasanya dalam tube masing-masing tangkai), segera setelah Anda menerima bunga. Pilihlah air mineral yang lebih terjaga kebersihannya dan banyak mengandung O2. Potong ujung tangkai menyerong setiap hari , untuk memastikan penyerapan yang lebih baik. Ganti juga air setiap hari.
Tempatkan dalam ruang yang sejuk. Pada ruangan ber AC bunga dapat bertahan selama 3-4 hari.
Hindarkan bunga terkena air agar tidak mudah busuk.   
    







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.