Rabu, 07 Januari 2015

Melon




Melon
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
C. melo
Cucumis melo L.

Melon (Cucumis melo
L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya.
Tumbuhan ini merupakan tumbuhan semusim, menjalar, tetapi tidak memanjat. Daun berbentuk menjari dengan lekuk moderat sehingga seperti lingkaran bersudut. Batangnya biasanya tidak berkayu.
Tumbuhan ini berumah satu dengan bunga dua tipe: bunga jantan dan hermafrodit. Bunga jantan muncul biasanya pada saat tanaman masih muda atau bila tumbuhnya kurang baik.
Buah bertipe pepo. Bagian mesokarp menebal menjadi daging buah yang berair. pemuliaan diarahkan pada daging buah yang tebal, manis, serta jika mungkin, harum.
Buah yang bernama latin  Cucumis melo ini berasal dari daerah Persia atau kawasan perbatasan antara Eropa dan Asia, kemudian berkembang hingga ke Timur Tengah, Eropa dan Amerika. Pada awal perkembangannya, melon yang dibudidayakan di Eropa adalah Cucumis melo var.Reticultus (Musk Melon) yang merupakan melon tipe liar dari Asia dan Afrika.
Ada beberapa jenis melon yang popular bagi masyarakat di Indonesia yaitu Melon Hijau, Melon Jingga (Cantaloupe), Melon Mas (Golden Melon/Casaba) dan Melon Madu (Honeydew Melon). Keempat jenis melon tersebut memiliki ciri-ciri yang khas dan keunggulan yang berbeda satu sama lain. Melon Hijau merupakan salah satu melon yang paling popular di Indonesia, maka dari itu biasa juga disebut melon lokal.
Melon memiliki kalori yang rendah, hanya sekitar 64 kalori dalam 1 gelas melon. Namun, memiliki vitamin dan mineral yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan.  
Tips Memilih Melon
1.      Pilih Melon yang sudah matang, berbentuk bulat dan tidak retak. Tangkai buah melon akan terlepas dengan sendirinya bila sudah matang.
2.      Melon utuh bisa disimpan selama 2—4 hari pada suhu kamar dan 5—10 hari dalam lemari es. Bila sudah terpotong, dapat disimpan selama 2—3 hari dalam wadah tertutup di lemari es.
3.      Karena baunya yang cukup tajam, bau melon dapat menyebar ke makanan lain. Karena itu potongan melon harus dibungkus dalam plastik ketika disimpan di lemari es.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.