Kamis, 03 September 2015

Sirsak




Sirsak merupakan tumbuhan tropis yang kaya akan manfaat. Mulai dari buah, bunga, daun dan batang, isi, bahkan akar pun bisa dijadikan obat untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan                              Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom                         Tracheoblongata (Tumbuhan berpembuluh)
Divisio                                   Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Sub Divisio                          Angiospermae
Kelas                                   Dicotylodoneae (Dikotil/berkeping dua/tumbuhan biji belah)
Sub Kelas                            Dialypetalae
Ordo                                   Polycarpicae (Ranunculales)
Famili                                  Annonaceae
Genus                                 Annona
Spesies                               A.muricata

Annona muricata L


Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricataL.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, "Nangko Belando" (Palembang), Sarikaya Balanda (Makassar).. Penyebutan "Belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa..Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.

Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. . Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya

Tumbuhan ini berbentuk pohon, berwarna coklat tua, batang berkayu, slindris, permukaan kasar, percabangan simpodial. Arah tumbuh batang tegak lurus, arah tumbuh cabang ada yang condong ke atas dan ada yang mendatar. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter.

Memiliki daun berbentuk jorong (ocalis atau ellipticus). Permukaan daun licin (laevis) dan mengkilap (nitidus, tepi daun rata (integer), daging daun tebal dan kaku seperti kulit/belulang (coriaceus). Pangkal daun runcing, ujung daun tumpul (obtusus). 

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam.
Manfaat
Buah dengan rasa manis-manis asam ini sering digunakan untuk bahan baku jus, minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya. Batangnya mengandung senyawa tannin, ca-oksalat dan fitosterol.
Buah sirsak memang menawarkan berbagai kandungan positif bagi kesehatan manusia, mulai dari buahnya, daunnya, bahkan pohonnya. Telah banyak diketahui bahwa buah sirsak banyak mengandung vitamin C, kandungan serat dan nutrisi penting lainnya banyak terkandung dalam buah yang banyak ditemui di negara Tropis ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai pohon sirsak yang banyak.
Buah sirsak dan Gout
Kabar baik dari penelitian dari Lebniz institute of Plant Biochemistri buah ini mengandung alkaloid isoquinolin yang berkhasiat analgesik (mengurangi rasa sakit) yang kuat sehingga nyeri sendi akibat gout bisa berkurang.Para ahli herbal lain menambahkan, buah yang kaya kalium ini dapat menggiatkan kerja ginjal sehingga kelebihan asam urat dalam tubuh dapat dikeluarkan. Khasiat mengatasi asam urat semakin ampuh karena buah ini mengandung vitamin C yang tinggi sehingga memiliki sifat antioksidan yang mampu menghambat produksi enzim xantin oksidase pembentuk asam urat.
Menurunkan kolesterol
Jus 50—100g/hari buah sirsak
Mengatasi wasir

Buah sirsak yang sudah matang diperas dan diambil airnya sebanyak satu gelas. Diminum dua kali sehari.

Daun Sirsak

Daun sirsak ternyata mengandung banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal, dan untuk menjaga kondisi tubuh. Dibalik manfaatnya tersebut ternyata tak lepas dari kandungannya yang banyak mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.