Rabu, 19 Oktober 2016

Tips Pola Makan Sehat



Tips Pola Makan Sehat

Pola makan sehat memang sangat diperlukan di kehidupan sehari-hari. Dengan mengatur pola makan kita yang baik sejak dini, maka bisa mencegah terjadinya penyakit-penyakit kronis seperti diabetes mellitus (kencing manis), kanker, darah tinggi dan masih banyak lagi penyakit lainnya yang mungkin bisa ditimbulkan oleh salah dalam menerapkan pola makan.

1.      Minumlah air putih 6-8 gelas setiap hari. Bila Anda dalam program menurunkan berat badan, teguklah satu atau dua gelas air sebelum makan. Ini akan membantu Anda membatasi porsi makanan yang akan dikonsumsi.
2.      Hindari minum berlebihan saat makan.Minum satu gelas atau lebih ketika sedang makan akan mempersulit kinerja pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa minum air ketika makan dapat mengencerkan konsentrasi asam lambung ( Hcl ) yang sangat dibutuhkan untuk mencerna makanan. Akibatnya hanya sedikit makanan yang bisa dicerna oleh tubuh. Hal ini, jika dibiarkan terus menerus bisa menimbulkan berbagai penyakit.Yang terbaik adalah minum air sebelum makan dan dua jam sesudahnya.hal ini dapat membantu dalam penyerapan nutrisi.
3.      Makanlah tiga kali, termasuk sarapan. Kemudian masukkan pula snack untuk selingan diantara jam makan. Makan dalam porsi kecil tapi sering lebih baik daripada makan sekali dalam porsi besar. OLeh karena itu aturlah jam makan Anda dengan jam yang sudah ditentukan. Maka anda harus makan hanya pada jam yang sudah Anda tentukan tadi. Ini bertujuan untuk menghindari makan makanan yang tidak perlu di jam-jam yang lain yang bisa menyebabkan obesitas.
4.      Makanlah secara perlahan, jangan tergesa-gesa. Selain memudahkan lambung untuk mencerna makanan, menyuap makan secara sedikit demi sedikit membuat hidangan terasa lebih nikmat.
5.      Beralihlah ke menu sehat. Pilih makanan atau hidangan dengan kadar lemak rendah. Contohnya:
-          Ganti susu wholemilk atau fullcream yang biasa Anda minum dengan susu rendah lemak (skim milk).
-          Gantilah daging sapi dengan pilihan rendah lemak seperti daging ayam atau ikan.
-          Hindarilah makanan yang digoreng dan pilihlah makanan yang dimasak dengan cara dibakar, dipanggang atau ditumis. Dalam menumis Anda pun banyak alternative. Selain menggunakan minyak, masakan bisa pula ditumis dengan kaldu ayam, kecap rendah natrium atau air.
-          Bila hendak menggunakan mentega atau margarin pada roti, oleskan saja tipis-tipis.
-          Perbanyak makan buah dan sayuran. Asupan sayur dianjurkan sebesar 3-5 sajian sedangkan buah 2-4 sajian per hari. Berdasarkan anjuran Institut Kanker, sedikitnya tiap orang harus mengonsumsi lima kelompok pangan berwarna setiap hari, yakni merah, putih, biru atau ungu, kuning dan hijau. Keberagaman warna atau warna pelangi menunjukkan  senyawa fitokimia tertentu yang berkhasiat mencegah penyakit tertentu.
-          Kurangi pemakaian saus yang berlemak, juga mayones dan salad dressing.
6.      Hindari minum minuman beralkohol. Selain tidak bergizi, alcohol mengandung kalori tinggi dan turut andil memperbanyak timbunan lemak di tubuh.
7.      Sebaiknya pilihlah bahan makanan alami, seperti sayur maupun daging segar. Sedapat mungkin hindari makanan-makanan yang telah diolah seperti makanan kaleng, sosis, dan sebagainya karena kandungan kalori dan lemaknya relative tinggi.
8.      Jangan terlalu sering membeli makanan-makanan cepat saji (fast food). Batasi diri Anda paling banyak mengkonsumsinya dua kali sebulan. Dan bila memutuskan untuk makan di restoran cepat saji jangan terpancing dengan penawaran paket hemat dan murah. Percayalah perut Anda tidak membutuhkan semua makanan yang tertera dalam paket tersebut. Lagipula kandungan kalorinya jelas tinggi.
9.      Jangan sampai melupakan makan malam. Tanpa makan malam, perut Anda akan kosong terlalu lama. Kondisi ini sangat tidak baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Tetapi usahakan makan malam sebelum  pukul 19.00 dengan porsi sedang. Makan malam menjadi boomerang bila disantap menjelang tidur.
10.  Program Diet Makan.
Bicarakan dengan dokter atau ahli gizi tentang segala vitamin atau nutrisi bila Anda melaksanakan Diet. Lengkapi rencana diet Anda dengan makanan alami untuk membantu menangkal penyakit dan untuk mengoptimalkan kesehatan Anda.
11.  Tetaplah minum susu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.