Senin, 16 Mei 2016

Kurangi Nyeri Leher Akibat Gadget




Kurangi Nyeri Leher Akibat Gadget

Risiko mengalami nyeri leher meningkat bila kebanyakan menggunakan perangkat gadget khususnya ponsel dan tablet. Hal ini di karenakan  posisi kepala yang membungkuk sehingga otot leher tertarik dan membuat pegal.

Text neck
adalah tekanan berlebihan di sekitar leher karena terlalu lama menunduk atau menekuk leher ke bawah akibat penggunaan ponsel atau gadget.
 adalah kondisi nyeri di bagian leher diikuti perubahan pada struktur tulang leher yang terlihat dari hasil x-ray dan radiografis dan kondisi ini terjadi akibat orang melakukan posisi yang buruk (Poor posture) dan tekanan berlebihan pada tulang belakang bagian leher (cervical spine).

Kepala manusia memiliki bobot sekitar 5,4 kg dalam kondisi seimbang di atas tulang belakang. Ketika leher kita condong ke depan dan menunduk saat asyik dengan gadget, bobot kepala naik sehingga beban leher dan tulang belakang lebih besar. Pada penambahan sudut 15 derajat, tulang leher harus menahan beban sekitar 12,2 kg (menopang berat dua kali lipat). di sudut 30 derajat bebannya naik lagi berkali-kali lipat dan seterusnya. Beban paling berat yang ditanggung tulang leher jika orang mencondongkan kepalanya ke depan sebesar 60 derajat. Karena posisi itu menghasilkan tekanan sekitar 60 pounds di bagian tulang leher atau setara dengan 27,22 kg.  Studi menunjukkan posisi kepala ketika ber-SMS atau bermain game di smartphone menempatkan tekanan tulang belakang setara berat rata-rata anak berusia 12 tahun atau sekitar enam buah bola bowling. Wow!

Lakukan tips berikut agar badan terasa lebih baik saat menghabiskan berjam-jam bekerja dengan perangkat gadget.
Posisi Gadget
Memegang tablet terlalu rendah, terutama di pangkuan saat duduk di tempat tidur atau sofa, dapat menyebabkan ketegangan di otot leher. Letakkan gadget di atas meja dengan posisi gadget setingkat pandangan mata.
Duduk santai
Buatlah bahu Anda santai. Punggung tegak namun tetap rileks. Pilihlah kursi dengan sandaran yang baik. Bila merasa pegal, letakkan bantal di belakang punggung supaya semakin nyaman untuk bersandar.
Beri batasan waktu
Biasakan untuk istirahat selama tiga menit setiap menggunakan gadget 15-20 menit. Gunakan waktu tiga menit ini untuk mengubah posisi tubuh atau sekedar berjalan di sekitar.
Cobalah untuk beristirahat setiap 15 menit-ambil jeda untuk menarik napas-stretching, berdiri, atau memutar leher dan bahu ke arah melingkar untuk meregangkan leher dan otot bahu.
Keyboard yang nyaman
Gunakan keyboard eksternal untuk membantu Anda saat duduk di depan meja kantor atau kursi bermeja.
Olahraga
Bila kita tetap menyempatkan diri berolahraga, olahraga dapat melatih otot agar lebih mampu menjaga postur tubuh. Beberapa jenis olahraga seperti yoga bisa memperbaiki postur yang rusak oleh kebiasaan buruk akibat melototi gadget.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.