Senin, 13 Juni 2016

Lidah Buaya



Lidah Buaya
Morfologi

Lidah buaya berasal dari kepulauan Canary, sebelah barat Afrika. The natural healer ini ‘hijrah” ke Indonesia pada abad ke-17. Tanaman hias atau pekarangan ini dapat tumbuh di ketinggian 1 sampai 1500 meter di atas permukaan laut, dengan suhu udara berkisar 16 sampai 33 o Celsius.
Bunga lidah buaya berwarna merah. Batangnya bisa mencapai tinggi 30 cm, namun nyaris tidak kelihatan karena tertutupi tanah dan dipenuhi daun-daun yang tersusun rapat.
Daun merupakan bagian lidah buaya yang kaya khasiat. Daun lidah buaya tebal, mengandung lendir dan banyak air. Pinggiran daun dihiasi duri-duri lunak. Panjang helaiannya bisa mencapai 50 sentimeter.
Lidah buaya termasuk keluarga Liliaceae yang memiliki lebih 200 species. Ada 3 species Aloe yang biasa dibudidayakan, yakni Aloe sorcotin (Zanzibar aloe), aloe berbadanis Milier, dan aloe vulgaris. Lidah buaya yang banyak di tanam di Indonesia adalah jenis berbadanis yang lebih dikenal dengan sebutan Aloe vera Linn. Diantara ketiga Aloe tersebut, justru Aloe vera yang paling berpotensi dikembangkan untuk bahan baku industri farmasi, pangan dan kosmetika.

Beberapa khasiat Lidah Buaya

Melembapkan Kulit
Ambil satu atau 2 daun lidah buaya, kupas kulitnya lalu lumatkan hingga berbentuk seperti getah. Ambil 3 sendok getah lidah buaya, tambahkan 1 sampai 2 tetes minyak esensial tea tree ( dijual di body shop). Aduk rata. Oleskan pada bagian kulit yang kering. Diamkan selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.
Mengatasi Sengatan Matahari
Bila kulit memerah setelah terkena sinar matahari, ambil satu helai daun lidah buaya, keluarkan getahnya. Oleskan pada kulit yang terasa panas, memerah, dan gatal akibat sengatan matahari.
Membuat Rambut Indah Berkilau
Saat rambut masih lembap sehabis keramas, oleskan lender atau getah lidah buaya mulai dari akar sampai ke ujung rambut. Lalu, pijat-pijat kulit kepala dengan lembut. Bungkuslah rambut dengan handuk hangat atau shower cap selama 30 menit, bilas hingga bersih.
Obat Diabetes
Ambil 1 lembar daun lidah buaya berukuran sedang, cuci bersih, lalu buang kulit dan durinya. Cuci bagian dalam lidah buaya sampai lendirnya hilang. Potong-potong seperlunya, kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring ramuan lidah buaya. Minum 2 kali sehari setelah makan, masing-masing 1 gelas.
Catatan
Tidak dianjurkan bagi penderita diare atau gangguan pencernaan serta wanita hamil.
Kegunaan lidah buaya sebagai makanan dan minuman
Antara lain berkhasiat untuk menyembuhkan cacingan , susah kencing, sembelit, batuk, radang tenggorokan, hepatoprotektor (pelindung hati), diabetes, pembangkit sistem kekebalan (imunomodulator), penurun kolesterol dan jantung koroner. Begitu besarnya manfaat lidah buaya tidak ada salahnya mulai sekarang memasukkan produk olahannya ke dalam makanan sehari-hari.

Jika Anda akan mengolah lidah buaya berikut tips untuk mengurangi bau langu, rasa pahit dan lendirnya:

Pilih lidah buaya berdaging tebal. Kupas kulit sedikit tebal sehingga tersisa daging buah yang berwarna putih transparan. Potong menjadi bentuk yang lebih kecil. Rendam di dalam air matang yang telah ditambah dengan 0,025 % garam dan 0,025 % asam sitrat. Biarkan selama 2 jam, cuci bersih dan tiriskan.
Cara lain: Setelah dikupas, cuci dan remas-remas potongan daging lidah buaya di dalam air garam, setelah lendirnya hilang, rendam dalam air kapur sirih atau tawas agar diperoleh tekstur gel lebih kokoh dan kenyal. Cuci bersih dan gel siap digunakan.

Koktail lidah buaya atau nata lidah buaya
Bahan:
Pelepah lidah buaya segar 4 kg (dibutuhkan lidah buaya dengan ketebalan 2 cm agar bisa diperoleh potongan-potongan koktail/nata dengan kualitas bagus.
Air 1 liter, untuk merendam
Garam 50 gram
Air kapur sirih 1 sendok teh
Air 1 liter untuk merebus
Gula pasir secukupnya untuk sirup, essens sesuai selera
Cara membuat:
1.      Kupas kulit lidah buaya, ambil dagingnya dan potong dadu dengan ukuran 2x2 cm.
2.      Cuci bersih daging lidah buaya, rendam selama 1 jam, tiriskan. Cuci kembali dan bilas hingga benar-benar bersih.
3.      Rebus air hingga mendidih, masak lidah buaya selama 10 menit, angkat, tiriskan.
4.      Rebus air dan gula pasir hingga mendidih, masukkan lidah buaya.
5.      Tambahkan sirup jika suka. Dinginkan sebelum dikemas.

Minuman lidah buaya

Untuk membuat 75 gelas minuman lidah buaya (ukuran gelas 250 ml),
5 kg daun lidah buaya
2 kg gula pasir
2 ons garam dapur
1 ons tawas
1 ons kapur sirih
1 lembar daun pandan atau essence atau vanilla secukupnya.
Cara membuat
Kupas kulit daun lidah buaya dengan hati-hati, jangan sampai daging daun yang berwarna putih ikut terkelupas.
Cuci dan rendam dalam air bersih, sambil dipotong kecil-kecil berbentuk kubus. Potongan tersebut direndam dalam larutam garam 1 ons yang diseduh dengan air panas (60oC) secukupnya, diamkan ±20 menit, lalu tiriskan.
Ulangi ulangi merendam lidah buaya dengan air garam ini sekali lagi. Berikutnya bahan direndam dalam air tawas ±20 menit (tawas 1 ons dihancurkan dan ditambah air secukupnya), lalu tiriskan lagi. Kemudian rendam bahan dalam larutan kapur sirih yang jernih selama 2 jam ( 1 ons kapur + air secukupnya), kemudian tiriskan. Cuci bersih dengan air bersih.
Untuk membuat sirup, rebus kurang lebih 2 liter air dengan 2 kg gula pasir sampai suhu  80oC tambahkan daun pandan atau aroma (sesuai selera).
Campurkan bahan tirisan tadi ke dalam sirup. Panaskan campuran tersebut sampai mendidih. Untuk dihidangkan, tunggu sampai dingin. Agar lebih nikmat, tambahkan es batu.

Jus Lidah buaya

Bahan-bahan
Beberapa daun lidah buaya yang cukup tua
Air perasan buah jeruk
Cara Membuat:
Potong beberapa lembar daun lidah buaya yang cukup tua langsung dari tanaman. Kupas sisi daun  lidah buaya yang berduri dengan menggunakan pisau kupas, lalu cuci daun lidah buaya.
Keruk gel(daging) lidah buaya dengan menggunakan sendok atau potong kecil-kecil lidah buaya. Blender gel lidah buaya, tambahkan air perasan jeruk secukupnya. Blender selama 2 menit. Catatan: gel lidah buaya tanpa kulit tidak tahan lama karena akan teroksidasi oleh udara.
Air jeruk berguna untuk menstabilkan gel lidah buaya supaya tahan lama dan untuk memberikan cita rasa.
Tuangkan jus lidah buaya buatan Anda ke dalam wadah dengan tutup kedap udara. Diamkan di dalam lemari es minimal 2 jam. Jus lidah buaya  Anda siap dikonsumsi. Jus ini tahan selama seminggu, namun untuk mendapatkan kesehatan  maksimal. Sebaiknya dihabiskan dalam 3 hari.
Cara mengonsumsi jus ini
Tuang 2 sendok makan jus lidah buaya buatan Anda ke dalam segelas air matang, lalu aduk. Jus ini dapat ditambahkan jus buah jika Anda suka.
Perhatian: jus lidah buaya tidak boleh buat ibu hamil

Ginger Aloe Vera Sajian hangat untuk mengurangi Gejala Batuk Pilek
Bahan
2000 ml air
200 g jahe, memarkan
1 lembar daun pandan
1 butir daun kelapa muda keruk
200 g sari kelapa (nata de coco)
200 g manisan aloe vera
Cara membuat:
Rebus air, gula pasir dan jahe sampai mendidih dan warna air berubah agak kecoklatan. Tambahkan daun pandan. Saring dan sisihkan.
Masukkan kerukan kelapa muda, nata de coco dan manisan aloe vera ke dalam air jahe.
Sajikan selagi panas.
Untuk 6 porsi
Nilai gizi per porsi:
Energi: 94 Kal
Protein: 0,6 g
Lemak: 0,5 g
Karbohidrat: 22,2 g

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.